⚠️ Halaman ini membutuhkan JavaScript untuk tampil dengan benar. Mohon aktifkan JavaScript di pengaturan browser Anda.

TP dan CP Bahasa Indonesia kelas 6 semester 1

Dokumen ini menguraikan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1

Daftar isi

TP dan CP Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 6

Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mempelajari bab ini diharapkan kalian dapat:

  1. Mendiskusikan hal-hal yang membuat kalian bangga menjadi anak Indonesia, dari tempat lahir hingga bangsa. Kalian juga dapat mengenali ragam surat resmi dan surat pribadi, mengisi formulir serta mahir menulis surat elektronik.
  2. Mendiskusikan ide-ide seni budaya Indonesia untuk diplomasi lunak, melakukan wawancara untuk menggali informasi, dan membuat poster dan brosur sebuah pagelaran seni di sekolah.
  3. Mendapatkan pengetahuan baru tentang taman nasional dan situs warisan dunia, mengambil hikmah dari kisah legenda, membedakan opini dari fakta, membedakan kalimat langsung dan tidak langsung, membaca dan menganalisis grafik, serta menulis laporan hasil pengamatan.
  4. Menemukenali masalah lingkungan dan krisis iklim di Indonesia dan dunia dari bacaan serta mendiskusikan aksi-aksi yang bisa dilakukan mengatasinya. Kalian juga bisa membuat rangkuman dari teks eksplanasi ilmiah dan bisa memahami infografik.

Capaian Pembelajaran (CP)

  1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
  2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
  3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
  4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalnya dengan fasih.
  5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
  6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
  7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan sesuai dengan topik.
  8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
  9. Peserta didik mampu mengadakan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
  10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
  11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
  12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
  13. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

Profil Pelajar Pancasila

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis, Kreatif.

Comments