TP dan CP Pkn kelas 6 semester 1
Dokumen ini menguraikan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Capaian Pembelajaran (CP) PKn Kelas 6 Semester 1
Daftar isi
TP dan CP PKN Semester 1 Kelas 6
Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mempelajari bab ini diharapkan kalian dapat:
- Memahami bahwa nilai-nilai Pancasila berhubungan satu dengan yang lain. Kalian juga akan mempelajari pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan menyenangkan.
- Mengidentifikasi dan mempraktikkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan ideologi negara.
- Mengenali bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dengan lebih teliti serta menunjukkan contoh-contohnya.
- Mempraktikkan kegiatan musyawarah yang ada di lingkungan masyarakat.
Capaian Pembelajaran (CP)
- Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.
- Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
- Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan nonfisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh: warna kulit, jenis rambut, dan lain-lain) maupun nonfisik (contoh: miskin, kaya, dan lain-lain) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.
Profil Pelajar Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis, Kreatif.
Comments