⚠️ Halaman ini membutuhkan JavaScript untuk tampil dengan benar. Mohon aktifkan JavaScript di pengaturan browser Anda.

Soal tryout PPG 2025 Sejarah - Part 3

Soal tryout PPG 2025 Sejarah interaktif, yang kami bagi menjadi 3 part. selamat belajar !

Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)


Desain refleksi yang komprehensif dalam suatu pembelajaran pada materi kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dapat dilakukan dengan:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menanyakan kepada peserta didik tentang hal yang tidak dipahami selama ini terkait dengan materi kerajaan Hindu-Budha dan Islam.
  • B. Menyusun daftar saran yang membangun dari peserta didik dan berusaha memperbaiki pembelajaran ke depan dengan desain ulang perangkat pembelajarannya.
  • C. Mengamati keaktifan belajar peserta didik dan memberikan motivasi belajar di akhir pembelajaran.
  • D. Memberikan kesempatan peserta didik untuk memberikan sarannya serta menindaklanjuti keberatan dengan kesepakatan yang saling menguntungkan.
  • E. Menanyakan hal yang tidak dipahami peserta didik serta memberikan jawaban atas materi yang belum dipahaminya.

Desain refleksi yang komprehensif dalam suatu pembelajaran pada materi kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dapat dilakukan dengan:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menanyakan kepada peserta didik tentang hal yang tidak dipahami selama ini terkait dengan materi kerajaan Hindu-Budha dan Islam.
  • B. Menyusun daftar saran yang membangun dari peserta didik dan berusaha memperbaiki pembelajaran ke depan dengan desain ulang perangkat pembelajarannya.
  • C. Mengamati keaktifan belajar peserta didik dan memberikan motivasi belajar di akhir pembelajaran.
  • D. Memberikan kesempatan peserta didik untuk memberikan sarannya serta menindaklanjuti keberatan dengan kesepakatan yang saling menguntungkan.
  • E. Menanyakan hal yang tidak dipahami peserta didik serta memberikan jawaban atas materi yang belum dipahaminya.

Pada tujuan pembelajaran sejarah yaitu menganalisis serta mengevaluasi manusia dalam asal usul nenek moyang dan jalur rempah, kegiatan dalam penyampaian materi esensial yang harus disiapkan oleh guru sejarah antara lain adalah:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menyanyikan lagu nenek moyangku seorang pelaut, memberikan pertanyaan mengapa profesinya adalah nelayan.
  • B. Informasi umum tentang rempah dan jalur rempah, dan mengapa menjadi magnet bagi bangsa Eropa.
  • C. Penjelasan rempah-rempah dan kaitannya dengan kedatangan bangsa-bangsa terdahulu ke Nusantara.
  • D. Disebutkan bangsa-bangsa yang masuk ke Indonesia dalam rangka berburu rempah-rempah.
  • E. Guru menjelaskan tentang jalur sutera dan bagaimana jalur tersebut ditutup.

Berdasarkan asesmen awal mayoritas peserta didik sudah bisa mengidentifikasi hasil-hasil kebudayaan pada masa praaksara di Indonesia. Hanya ada beberapa peserta didik yang belum memahaminya. Upaya yang semestinya dilakukan guru dalam pembelajaran adalah:

Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan yang sesuai!

Jenis Soal: Benar/Salah (Tabel)

PernyataanPilihan Anda
A. Memberikan pengayaan kepada seluruh peserta didik karena mayoritas sudah memiliki kemampuan mengidentifikasi hasil kebudayaan.
B. Memberikan penjelasan tentang berbagai peninggalan masa praaksara bagi peserta didik yang belum memahami berbagai hasil budaya masa pra-aksara.
C. Memberikan remedial bagi peserta didik yang belum memahami materi dengan cara memberikan soal-soal tambahan tentang peninggalan masa pra-aksara.
D. Menjadikan peserta didik yang sudah memahami sebagai tutor untuk mendampingi teman-temannya yang masih belum paham tentang hasil kebudayaan masa pra-aksara.
E. Memberikan kesempatan peserta didik yang sudah memahami untuk belajar mandiri membuat timeline hasil budaya masa pra-aksara dari periode ke periode.

Pada tujuan pembelajaran "menganalisis lahirnya pergerakan Kebangsaan Indonesia" peserta didik sudah memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Strategi pengayaan yang dilakukan oleh guru adalah:

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (Q)! Jawaban benar lebih dari satu.

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Memberikan kesempatan untuk peserta didik menjadi tutor sebaya bagi temannya yang belum memenuhi KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw.
  • B. Memberikan tugas proyek penelitian yang lebih mendalam tentang tokoh-tokoh penting, peristiwa, atau organisasi dalam pergerakan kebangsaan Indonesia.
  • C. Memberikan bahan bacaan yang berasal jurnal ilmiah tentang politik Etis dan munculnya para cendekia di STOVIA yang akhirnya melahirkan Budi Utomo.
  • D. Memberikan penjelasan tambahan tentang faktor-faktor internal dan eksternal yang mendorong lahirnya pergerakan kebangsaan di Indonesia pada awal abad.
  • E. Memberikan studi kasus yang menantang di mana Siswa harus menganalisis hubungan pendidikan kedokteran dengan Budi Utomo.

Pada tujuan "menuliskan biografi tokoh seputar proklamasi kemerdekaan" mayoritas peserta didik masih belum memenuhi kriteria ketercapaian tujuan. Strategi yang dilakukan guru untuk merespons hal tersebut adalah:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Guru melakukan remidi dengan memberikan contoh-contoh biografi tokoh yang baik dan membahas elemen-elemen penting yang harus ada dalam biografi tokoh seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  • B. Guru memanfaatkan model pembelajaran jigsaw dengan membentuk kelompok ahli dan kelompok asal. Kelompok ahli akan menjadi tutor sebaya bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria.
  • C. Guru menugaskan peserta didik untuk mencari data-data di internet dan menyalin berbagai informasi tentang biografi pahlawan nasional untuk memudahkan mereka menyusun biografi.
  • D. Guru mengganti tujuan pembelajaran dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, sehingga mereka tidak perlu menyusun biografi tentang tokoh seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Di daerah Pariaman, Sumatera Barat, setiap tahun diadakan acara Tabuik untuk memperingati hari Asyura. Dari peristiwa tersebut, konten yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran sejarah adalah:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menugaskan peserta didik untuk melakukan studi lapangan pada saat tradisi Tabuik dilaksanakan di Pariaman.
  • B. Mengembangkan materi yang menghubungkan antara teori Persia dalam proses Islamisasi di Indonesia.
  • C. Mengembangkan infografik yang berisi konten tentang kerajaan-kerajaan Islam yang berkembang wilayah Indonesia.
  • D. Memberi penugasan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi nilai-nilai sejarah yang terkandung pada tradisi Tabuik.
  • E. Mengembangkan bahan ajar yang berisi tokoh-tokoh dalam Islamisasi di daerah Pariaman untuk pengayaan peserta didik.

Berdasarkan asesmen awal, 75% peserta didik memiliki gaya belajar visual dan 25% memiliki gaya belajar auditori. Pada pembelajaran materi kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, sumber belajar yang sesuai untuk kebutuhan peserta didik adalah ....

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menggunakan foto-foto tentang berbagai peninggalan kerajaan Islam yang ada di Indonesia.
  • B. Memanfaatkan infografik tentang tokoh penyebar Islam di Indonesia dan dipadukan dengan story telling oleh guru.
  • C. Memanfaatkan video Youtube tentang masuknya Islam ke Indonesia untuk menggantikan pemaparan guru.
  • D. Menggunakan podcast yang bercerita tentang berbagai kisah kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dalam pembelajaran.
  • E. Memanfaatkan pengakuan dari pelaku sejarah dan dipadukan dengan video tentang peninggalan Islam di Indonesia.

Di sebuah kelas, terdapat peserta didik yang lamban belajar (slow learner). Pada materi pemerintahan "asal usul nenek moyang Bangsa Indonesia", bahan ajar yang sesuai untuk peserta didik adalah....

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Lembar kerja peserta didik yang berisi materi singkat tentang asal usul nenek moyang Indonesia.
  • B. Cerita bergambar tentang berbagai hasil kebudayaan masyarakat Indonesia di masa pra-aksara.
  • C. Gambar-gambar tentang berbagai candi dan prasasti yang ada di Indonesia sebagai peninggalan sejarah.
  • D. Video dokumenter tentang Museum Purbakala Sangiran yang berisi koleksi fosil manusia purba.
  • E. Atlas Sejarah yang berisi peta-peta persebaran fosil dinosaurus dan hewan purba di dunia.

Di sebuah kelas, terdapat peserta didik yang lamban belajar (slow learner). Pada materi pemerintahan "asal usul nenek moyang Bangsa Indonesia", bahan ajar yang sesuai untuk peserta didik adalah....

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Lembar kerja peserta didik yang berisi materi singkat tentang asal usul nenek moyang Indonesia.
  • B. Cerita bergambar tentang berbagai hasil kebudayaan masyarakat Indonesia di masa pra-aksara.
  • C. Gambar-gambar tentang berbagai candi dan prasasti yang ada di Indonesia sebagai peninggalan sejarah.
  • D. Video dokumenter tentang Museum Purbakala Sangiran yang berisi koleksi fosil manusia purba.
  • E. Atlas Sejarah yang berisi peta-peta persebaran fosil dinosaurus dan hewan purba di dunia.

Pada kelas X terdapat tujuan pembelajaran "menganalisis proses penelitian sejarah." Materi esensial yang sesuai adalah:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Konsep perubahan dan keberlanjutan dalam ilmu sejarah.
  • B. Pengertian sejarah sebagai ilmu dan sebagai seni.
  • C. Konsep berpikir sinkronis dan diakronis.
  • D. Periodisasi dan konsep kronologis dalam sejarah.
  • E. Jenis dan karakteristik sumber sejarah.

Pembelajaran sejarah berperan mengembangkan konsep diakronis tentang peristiwa masa lalu. Strategi yang tepat untuk mengukurnya adalah:

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (Q)! Jawaban benar lebih dari satu.

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Membuat garis waktu untuk menerangkan tentang rangkaian peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  • B. Melakukan pameran perkembangan zaman batu dari waktu ke waktu.
  • C. Menyusun timeline tentang peristiwa-peristiwa perang kemerdekaan di masa Revolusi.
  • D. Membuat kajian dokumen tentang dampak tanam paksa terhadap ekonomi Hindia Belanda.
  • E. Menyusun portofolio tentang produk-produk yang dihasilkan oleh peserta didik tentang sejarah.

Perhatikan beberapa sumber belajar di bawah ini! (1) Museum Sangiran (2) Replika alat batu (3) Fosil binatang purba (4) Peta persebaran manusia purba (5) Foto Homo Sapiens Sumber belajar yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi tentang asal usul nenek moyang Bangsa Indonesia adalah:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. 1 2 3
  • B. 1 3 5
  • C. 2 3 4
  • D. 2 4 5
  • E. 3 4 5

Upaya yang tepat untuk mengembangkan literasi digital peserta didik pada materi tentang Pergerakan Nasional di Indonesia adalah:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Memanfaatkan sejarah lisan untuk mewawancarai saksi sejarah.
  • B. Memanfaatkan sumber-sumber primer berupa foto organisasi pergerakan.
  • C. Melakukan studi dokumen untuk meneliti berdirinya Budi Utomo.
  • D. Melakukan virtual tour di Museum Sumpah Pemuda.
  • E. Memanfaatkan arsip digital tentang Perang Dunia II dan kekalahan Jepang.

Berikut adalah beberapa tujuan pembelajaran:

  1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong keruntuhan Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya.
  2. Mendeskripsikan perkembangan Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya.
  3. Menjelaskan pengaruh letak geografis Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya terhadap corak kehidupan di kerajaan tersebut.
  4. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong perkembangan Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya.

Urutan penyusunan tujuan pembelajaran yang mencerminkan proses berpikir kronologis adalah:

Jenis Soal: Benar/Salah (Tabel)

PernyataanPilihan Anda
A. 4 2 1 3
B. 2 4 3 1
C. 1 2 4 3
D. 3 2 1 4
E. 1 2 3 4

Comments