Soal tryout PPG 2025 Sejarah - Part 2
Soal tryout PPG 2025 Sejarah interaktif, yang kami bagi menjadi 3 part. selamat belajar !
Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)
Guru sejarah bermaksud melaksanakan pembelajaran sejarah agar peserta didik mampu menganalisis strategi perang dalam Perang Dunia II. Sumber belajar yang paling tepat digunakan untuk membantu peserta didik dalam menganalisis strategi perang adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. Peta pertempuran utama Perang Dunia II.
- B. Buku teks tentang Perang Eropa.
- C. Memoar veteran Perang Dunia II.
- D. Film fiksi tentang Perang Dunia II.
- E. Ensiklopedia Perang Dunia II.
Guru meminta peserta didik untuk menggunakan media sosial agar pembelajaran sejarah menjadi menarik. Meskipun demikian, pemanfaatan media sosial memiliki kelemahan, yaitu:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. Media sosial memungkinkan interaksi yang cepat dan mudah antarpeserta didik.
- B. Peserta didik dapat berbagi sumber daya dan ide secara langsung.
- C. Diskusi yang tidak terfokus dan dipenuhi dengan informasi yang tidak relevan.
- D. Media sosial dapat diakses dari berbagai perangkat.
- E. Teknologi informasi mendorong kolaborasi dan komunikasi.
Guru langkah dalam menyusun strategi pembelajaran sejarah dengan materi perjuangan merebut kemerdekaan RI. Oleh karena itu, strategi yang paling tepat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah:
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (Q)! Jawaban benar lebih dari satu.
Jenis Soal: Pilihan Ganda
- A. Memberikan artikel terkait dengan materi dan hasil penelitian agar Siswa mendalami secara mandiri.
- B. Memilih model pembelajaran role playing dengan metode bermain peran.
- C. Memberikan buku ajar Siswa sesuai dengan pokok bahasan yang dipelajari.
- D. Menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan membagi tim.
- E. Memberikan ringkasan materi tentang peristiwa perebutan kemerdekaan RI.
Guru memberikan materi pembelajaran tentang bagaimana berpikir sejarah dalam mempelajari peristiwa sejarah. Strategi yang paling tepat dalam menumbuhkan nalar kritis peserta didik KECUALI ....
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. Memberikan contoh kasus beberapa peristiwa sejarah, peserta didik mensintesis peristiwa yang termasuk kausalita dan yang tidak.
- B. Menugaskan peserta didik menyusun laporan dengan mencari contoh peristiwa sejarah yang bersifat periodesasi.
- C. Memberikan pertanyaan tentang prosedur berpikir sejarah serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.
- D. Memberikan bahan bacaan yang berasal jurnal ilmiah tentang metode berpikir sejarah dan peserta didik melakukan review dan diskusi kelompok.
- E. Memberikan penjelasan singkat tentang diakronik; sinkronik; kausalita; interprestasi; dan periodesasi.
Strategi yang dipilih oleh guru dalam materi pendudukan Jepang di Indonesia adalah dengan bermain peran drama. Setelah peserta didik memainkan perannya masing-masing, maka refleksi sebagai tindak lanjut kegiatan pembelajaran yang paling tepat adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. Peserta didik disuruh untuk menyusun ringkasan singkat tentang jalannya peristiwa pendudukan Jepang di Indonesia.
- B. Peserta didik diberikan kesempatan menuliskan satu pesan moral dan kesimpulan dari peristiwa yang diperankan.
- C. Peserta didik diberikan tugas menulis paper tentang apa yang telah dilakukan dalam kegiatan bermain peran.
- D. Peserta didik diberikan soal di akhir pembelajaran terkait dengan peristiwa pendudukan Jepang di Indonesia.
- E. Peserta didik diberikan soal essay tentang pengaruh pendudukan Jepang dan dampaknya terhadap kemerdekaan Bangsa Indonesia.
Cara yang dilakukan oleh Guru Sejarah dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada materi pemerintahan demokrasi liberal dalam refleksi hasil belajar dengan melakukan tahapan:
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (Q)! Jawaban benar lebih dari satu.
Jenis Soal: Pilihan Ganda
- A. Memberikan respons dari pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik yang belum memahami tentang materi.
- B. Memberikan respons dengan memberikan pertanyaan pemantik untuk memancing ide dari peserta didik.
- C. Mengecek pemahaman dengan pertanyaan terkait materi dan memberikan respons dari pertanyaan peserta didik serta menyimpulkannya.
- D. Memberikan solusi dari hasil diskusi peserta didik dan memberikan tindak lanjut berupa tugas terkait materi demokrasi Liberal dan Terpimpin.
- E. Menyimpulkan hasil diskusi tentang materi kabinet penganut liberal dan pencapaiannya serta memberikan pertanyaan berupa soal untuk evaluasinya.
Guru mengajarkan materi tentang perbedaan antara bangunan peninggalan kebudayaan Hindu dan kebudayaan Budha di Indonesia. Salah satu jenis penilaian yang tepat adalah....
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. Penilaian tes berupa soal pilihan ganda tentang materi candi Hindu dan Budha di Indonesia.
- B. Penilaian tes berupa soal essay tentang ciri-ciri dan perbedaan bangunan Hindu dan Budha di Indonesia.
- C. Penilaian tes berupa menjodohkan pernyataan bangunan Hindu dan Budha.
- D. Penilaian non-tes dengan observasi diskusi Siswa tentang perbedaan antara candi Hindu dan Budha di Indonesia.
- E. Penilaian non-tes dengan memberikan pertanyaan lisan tentang bagaimana Ciri bangunan Hindu dan Ciri bangunan Budha.
Sebagian besar dari peserta didik di suatu kelas memiliki gaya belajar kinestetik dengan aktivitas presentasi kelompok. Asesmen yang tepat untuk mengevaluasi proses pembelajaran sejarah adalah:
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (Q)! Jawaban benar lebih dari satu.
Jenis Soal: Pilihan Ganda
- A. Menilai keaktifan dalam diskusi dan kecakapan dalam berbicara di depan peserta didik lainnya.
- B. Menilai hasil laporan dan tampilan dari sajian power point yang dibuat oleh peserta didik.
- C. Menilai dari jawaban dari pertanyaan peserta lain dan kemampuan public speaking dalam proses diskusi.
- D. Menilai bagaimana sistematika laporan dan keruntutan dalam penyajian makalahnya.
- E. Menilai cara peserta didik dalam memoderatori kelompok dan bagaimana mencari sumber dalam menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
Guru telah selesai melakukan penilaian dalam bentuk tes kepada peserta didik dengan materi keunggulan kehidupan manusia zaman praaksara. Maka tindak lanjut dari kegiatan penilaian adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. Memberikan tugas tambahan mencari ciri-ciri manusia praaksara Indonesia untuk dikerjakan di rumah.
- B. Memberikan rewards atau hadiah kepada peserta didik yang bisa menjawab dengan tepat.
- C. Hasil penilaian memberikan informasi untuk menyusun strategi pembelajaran berikutnya.
- D. Memberikan hukuman kepada peserta didik yang mendapatkan skor rendah.
- E. Mengulang pembelajaran karena sebagian besar peserta didik mendapatkan skor yang rendah.
Contoh analisis perbaikan evaluasi berdasar refleksi yang dilakukan oleh guru sejarah pada materi kerajaan Islam di Indonesia yang tepat, yaitu:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. Memberikan tugas untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang ciri-ciri bangunan Islam dan karakteristiknya dengan mereviu penelitian terkait.
- B. Menyimpulkan materi bersama peserta didik tentang ciri-ciri bangunan Islam dan karakteristiknya dengan pertanyaan secara acak.
- C. Melakukan reviu tentang pembahasan materi tentang ciri-ciri bangunan Islam dan karakteristiknya secara kelompok.
- D. Melaksanakan refleksi atas hasil penilaian akhir peserta didik pada akhir kompetensi inti dan kompetensi dasar tentang materi kerajaan Islam.
- E. Memberikan rewards dari hasil prestasi dari peserta didik yang berhasil memberikan ide, keaktifan, dan hasil penilaian yang terbaik.
Berikut adalah beberapa tujuan pembelajaran:
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong keruntuhan Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya.
- Mendeskripsikan perkembangan Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya.
- Menjelaskan pengaruh letak geografis Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya terhadap corak kehidupan di kerajaan tersebut.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong perkembangan Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya.
Urutan penyusunan tujuan pembelajaran yang mencerminkan proses berpikir kronologis adalah:
Jenis Soal: Benar/Salah (Tabel)
Pernyataan | Pilihan Anda |
---|---|
A. 4 2 1 3 | |
B. 2 4 3 1 | |
C. 1 2 4 3 | |
D. 3 2 1 4 | |
E. 1 2 3 4 |
Comments