⚠️ Halaman ini membutuhkan JavaScript untuk tampil dengan benar. Mohon aktifkan JavaScript di pengaturan browser Anda.

Soal modul PPG 2025 Understanding by Design (UbD) 

Soal ini muncul pada bagian modul PPG Understanding by Design (UbD). disusun menjadi interaktif, selamat belajar !

Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)


Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah….

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Merumuskan tujuan, asesmen, dan kegiatan pembelajaran
  • B. Merencanakan tujuan, kegiatan, dan asesmen pembelajaran
  • C. Merancang asesmen, kegiatan, dan tujuan pembelajaran
  • D. Merancang kegiatan, tujuan dan asesmen pembelajaran
  • E. Merancang asesmen, tujuan, dan kegiatan pembelajaran

"Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?". Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap …

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Perencanaan kegiatan pembelajaran
  • B. Perencanaan strategi pembelajaran
  • C. Merumuskan tujuan pembelajaran
  • D. Merancang asesmen
  • E. Perencanaan model pembelajaran

"Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?" Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap...

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Merancang asesmen
  • B. Merencanakan pendekatan pembelajaran
  • C. Merencanakan model pembelajaran
  • D. Merancang kegiatan pembelajaran
  • E. Merumuskan tujuan pembelajaran

"Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?" merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap...

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Merumuskan tujuan pembelajaran
  • B. Merancang kegiatan pembelajaran
  • C. Merencanakan model pembelajaran
  • D. Merencanakan pendekatan pembelajaran
  • E. Merancang asesmen

Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali....

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
  • B. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
  • C. Merumuskan TP secara lintas elemen.
  • D. Merumuskan TP dengan cara menganalisis 'kompetensi' dan 'lingkup materi' pada CP.
  • E. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP.

Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, "memahami" merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Terkait hal tersebut, pernyataan yang benar dalam kurikulum Merdeka adalah…

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Memberi kebebasan kepada guru mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai
  • B. Menganggap bahwa "memahami" dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan, menginterpretasi, dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif.
  • C. Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik
  • D. Hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP
  • E. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah

Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik.
  • B. Mengabaikan asesmen selama proses pembelajaran dan hanya fokus pada asesmen sumatif di akhir fase.
  • C. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.
  • D. Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai Oleh peserta didik.
  • E. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran

Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali...

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik
  • B. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancan embela•aran an efektif ba i eserta didik
  • C. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.
  • D. Memastikan peserta didik mencapai kompetensi pembelajaran.
  • E. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.

Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah….

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik
  • B. Semua benar
  • C. KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP)
  • D. KKTP dapat disusun melalui dekripsi kriteria dan interval nilai
  • E. Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksi proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik

Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah….

Jenis Soal: Pilihan Ganda

  • A. Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut perbaikan berupa intervensi yang tepat.
  • B. Hasil asesmen awal digunakan untuk memetakan minat, kemampuan dan kesiapan belajar peserta didik.
  • C. Asesmen awal dapat diterapkan untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik yang beragam
  • D. Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
  • E. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan

Comments