⚠️ Halaman ini membutuhkan JavaScript untuk tampil dengan benar. Mohon aktifkan JavaScript di pengaturan browser Anda.

Soal tryout PPG 2025 Kemampuan Pedagogik dan Manajemen Kelas - Part 3

Soal tryout PPG 2025 kemampuan Pedagogik dan Manajemen kelas, yang dibagi menjadi 3 part interaktif. selamat belajar !

Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)


Guru telah melakukan asesmen sosiometri untuk memahami pola interaksi sosial dalam kelas. Data menunjukkan bahwa beberapa siswa tidak memiliki hubungan sosial yang kuat dengan teman-temannya. Bagaimana guru dapat menganalisis hasil asesmen ini untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Mengabaikan data, tidak memberikan intervensi karena menganggap masalah sosial sebagai bagian dari kehidupan remaja.
  • B. Mengidentifikasi pola hubungan sosial antar siswa dan menyusun strategi intervensi untuk mendukung keterlibatan mereka.
  • C. Membandingkan data dengan masukan dari guru lain dan orang tua untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap.
  • D. Membuat kesimpulan umum tanpa harus melihat faktor individual dan memilih untuk memberi rekomendasi secara kolektif.
  • E. Menghubungkan hasil asesmen dengan observasi perilaku sosial siswa-siswa dalam berbagai macam kegiatan di luar kelas.

Anda adalah guru Matematika kelas X. Anda menyadari bahwa banyak Siswa di kelas Anda menunjukkan tingkat kecemasan yang tinggi setiap kali menghadapi soal-soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), meskipun mereka cukup menguasai konsep dasar. Mereka seringkali langsung menyerah atau panik, sehingga nilai rata-rata kelas untuk soal HOTS selalu rendah. Anda ingin memberikan bimbingan klasikal untuk mengatasi masalah ini, namun Anda bingung bagaimana mengidentifikasi secara spesifik akar masalah kecemasan tersebut agar bimbingan yang diberikan tepat sasaran. Tindakan manakah yang paling efektif Anda lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal terkait kecemasan Siswa tersebut?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Berdiskusi secara personal dengan beberapa Siswa yang paling sering menunjukkan kecemasan dan bertanya langsung tentang apa yang mereka rasakan saat mengerjakan soal HOTS.
  • B. Membagikan kuesioner singkat kepada siswa yang berisi pertanyaan-pertanyaan terbuka tentang perasaan mereka saat menghadapi soal HOTS, kesulitan yang dialami, dan apa yang mereka harapkan dari guru.
  • C. Mengadakan survei cepat melalui polling singkat di kelas untuk mengetahui apakah sebagian besar siswa setuju bahwa mereka cemas terhadap soal HOTS, tanpa menggali alasannya.
  • D. Meminta bantuan guru Bimbingan Konseling (BK) untuk melakukan asesmen psikologis terhadap Siswa yang menunjukkan kecemasan tinggi, dan meminta rekomendasi dari mereka.

Anda adalah guru Bahasa Inggris kelas XII. Anda telah mencoba mendekati seorang siswa bernama Tomi yang sering bolos dan menunjukkan sikap cuek terhadap pelajaran, meskipun Anda tahu ia memiliki potensi. Anda telah menawarkan bantuan dan mencoba mendengarkan, tetapi Tomi selalu menolak tawaran Anda dengan mengatakan "tidak perlu" atau "saya bisa urus sendiri". Anda merasa frustrasi karena upaya Anda tampaknya tidak membuahkan hasil. Bagaimanakah sikap Anda terhadap Tomi yang paling tepat?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menghentikan sementara semua upaya pendekatan terhadap Tomi, karena ia jelas tidak mau dibantu dan Anda tidak bisa memaksanya.
  • B. Memberikan konsekuensi akademis yang lebih berat agar Tomi menyadari bahwa ia harus berubah.
  • C. Menunjukkan sikap sabar, konsisten dan terbuka untuk mendengarkan tanpa memaksa Tomi untuk berbicara tentang masalahnya.
  • D. Menceritakan kepada Tomi pengalaman Anda sendiri yang pernah mengalami masa sulit dan bagaimana Anda berhasil mengatasinya, dengan harapan ia akan terinspirasi.
  • E. Menyarankan Tomi untuk menemui guru BK, karena masalahnya mungkin lebih kompleks dari sekadar pelajaran.

Dalam proses penyusunan perencanaan individual dengan siswi bernama Budi, Anda menemukan Budi masih ragu-ragu dan belum yakin tentang apa saja minat atau kekuatannya. Ia cenderung menjawab "tidak tahu" saat ditanya. Tindakan prosedural manakah yang paling efektif untuk membantu Budi?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menunjukkan nilai-nilai Budi pada rapor dan menyimpulkan bahwa pelajaran dengan nilai tinggi adalah kekuatannya, lalu menyarankan minat berdasarkan nilai tersebut.
  • B. Meminta Budi untuk mengisi lembar kerja sederhana yang berisi daftar kegiatan atau mata pelajaran dan meminta dia menandai mana yang paling ia nikmati atau merasa paling mudah.
  • C. Menceritakan pengalaman Anda sendiri atau pengalaman alumni lain yang sukses untuk menginspirasi Budi, agar Budi dapat menemukan pilihan karier yang selaras dengan dirinya.
  • D. Meminta Budi untuk bertanya kepada orang tua atau teman-temannya tentang kekuatan atau minatnya dari sudut pandang orang lain.
  • E. Meminta Budi untuk mempelajari nilai rapor untuk menemukan kekuatannya pada mata pelajaran tertentu, serta mempelajari portofolio hasil kegiatan dan lomba Budi untuk memperoleh data tambahan.

Sejumlah siswa mengalami motivasi belajar rendah dan tidak menunjukkan minat terhadap pelajaran. Guru ingin merancang sistem dukungan untuk meningkatkan motivasi akademik mereka dalam mata pelajarannya. Apa langkah terbaik yang bisa diterapkan dalam merancang strategi dukungan bagi Siswa dengan motivasi belajar rendah?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menyediakan program bimbingan motivasi yang mencakup refleksi diri, eksplorasi tujuan akademik, dan teknik peningkatan motivasi.
  • B. Membiarkan siswa menentukan dan menumbuhkan motivasi belajar mereka sendiri tanpa adanya intervensi dari guru atau sekolah.
  • C. Menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkan keterlibatan Siswa dalam aktivitas pembelajaran.
  • D. Membuat sistem asesmen motivasi akademik dan menyusun intervensi berbasis personal bagi Siswa dalam aktivitas pembelajaran.
  • E. Memberikan ceramah motivasi tanpa harus membangun program dukungan yang berkelanjutan bagi Siswa dalam aktivitas pembelajaran.

Sekolah Anda menerima laporan bahwa salah satu guru terlibat dalam tindakan yang tidak etis dan mencemarkan nama baik sekolah. Kepala sekolah meminta Anda untuk menangani situasi ini. Yang akan Anda lakukan adalah:

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. fokus pada nama baik sekolah dalam investigasi dan tindak lanjut hasil investigasi
  • B. melakukan investigasi serta tindak lanjut berdasarkan hasil investigasi
  • C. menutup-nutupi kejadian dan berharap masalahnya hilang dengan sendirinya
  • D. fokus pada pemulihan dan pengatasan trauma pada pihak-pihak yang dirugikan
  • E. fokus pada penyebab mengapa hal itu terjadi agar peristiwa serupa tidak terjadi di kemudian

Di sekolah TNB, terdapat ketegangan antara Bu Mima guru bahasa Indonesia dengan Pak Salim guru IPS terkait pelaksanaan pentas seni. Bu Mirna merasa bahwa Pak Salim dan beberapa guru muda lainnya tidak mengikuti saran atau instruksi yang diberikan. Sebaliknya, Pak Salim dan guru muda lainnya merasa bahwa Bu Mima terlalu otoriter dan tidak mau menerima ide-ide baru yang mereka usulkan. Ketegangan ini menyebabkan suasana kerja menjadi tidak kondusif, dan komunikasi antara dua kelompok guru tersebut menjadi terhambat. Jika Anda sebagai bagian dari guru muda lainnya, bagaimana Anda akan mengatasi hal tersebut?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Melaporkan masalah ini kepada kepala sekolah agar dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi ketegangan.
  • B. Mengadakan rapat terbuka yang dihadiri oleh seluruh staf pengajar untuk mendiskusikan masalah dan mengambil keputusan bersama.
  • C. Mengembangkan program mentoring di mana guru senior membimbing guru junior, sekaligus membuka ruang bagi guru junior untuk berbagi ide dan pendekatan baru.
  • D. Mengadakan pertemuan khusus antara Bu Mima dan guru-guru muda untuk membahas permasalahan dan mencari solusi bersama.
  • E. Mengabaikan ketegangan dan tetap fokus pada tugas masing-masing dengan harapan masalah akan mereda dengan sendirinya.

Pak Fadhil merupakan seorang ayah tunggal yang memiliki anak usia 4 tahun yang dititipkan di taman PAUD dekat sekolah tempat Pak Fadhil mengajar. Hari itu, Pak Fadhil memiliki jadwal mengajar mulai pagi hingga menjelang makan siang sementara pada saat yang bersamaan Pak Fadhil mendapat undangan rapat MGMP dan anaknya mengikuti lomba mewarnai yang akan dimulai pagi. Apa yang akan Anda lakukan jika berada di posisi Pak Fadhil?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Mengantarkan anak ke sekolah lebih awal, mengajar seperti biasa lalu menghadiri rapat MGMP walau terlambat dan meminta kerabat untuk mendampingi anak di lomba mewarnai.
  • B. Meminta izin kepada kepala sekolah untuk menghadiri rapat MGMP dan meninggalkan kelas sebentar untuk mendampingi anaknya di lomba mewarnai.
  • C. Menyusun jadwal pengganti dengan sesama guru untuk mengajar di kelas, sehingga bisa fokus mendampingi anaknya di lomba mewarnai dan menghadiri rapat MGMP.
  • D. Mengatur jadwal mengajar dengan sesama guru agar bisa menghadiri lomba mewarnai anaknya sebentar, kemudian kembali mengajar dan menghadiri rapat MGMP.
  • E. Meminta izin kepada kepala sekolah untuk tidak mengikuti rapat MGMP dan fokus mengajar serta mendampingi anaknya di lomba mewarnai.

Pak Heri adalah seorang guru yang ramah dan mudah akrab dengan peserta didik. Suatu hari, seorang peserta didik melapor ke ruang BK bahwa ia melihat Pak Heri sedang berbincang berdua dengan seorang siswi perempuan sepulang sekolah. Pak Heri juga terlihat akrab dan tidak menjaga jarak dengan siswi tersebut. Situasi tersebut berkembang menjadi isu yang cepat tersebar di kalangan siswa dan guru. Jika Pak Heri menanyai Anda sebagai sesama guru perihal situasi tersebut, sikap yang sebaiknya Anda lakukan adalah ...

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Mengingatkan Pak Heri tentang pentingnya menjaga jarak profesional dengan Siswa untuk menghindari situasi serupa di masa depan.
  • B. Menyarankan Pak Heri untuk berbicara dengan siswa-siswi untuk menjelaskan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
  • C. Menyampaikan dukungan Anda kepada Pak Heri dan menyarankan agar dia tidak perlu khawatir dengan isu tersebut.
  • D. Menghindari terlibat dalam masalah tersebut dengan mengatakan kepada Pak Heri bahwa Anda tidak tahu apa-apa tentang situasinya.
  • E. Memberitahu Pak Heri bahwa sebaiknya dia segera mengadakan pertemuan dengan kepala sekolah untuk memberikan klarifikasi.

Bu Vina merupakan guru yang baru dipindahkan ke sekolah lain. Ada peserta didik yang cepat memahami pelajaran, sementara yang lainnya memerlukan waktu lebih lama untuk memahami materi yang sama. Bagaimana sikap yang paling tepat bagi Bu Vina dalam menghadapi situasi ini?

Jenis Soal: Pilihan Tunggal

  • A. Menyampaikan kepada peserta didik bahwa mereka harus belajar lebih keras agar bisa menyamai teman-temannya yang lebih cepat memahami.
  • B. Mengadakan diskusi dengan seluruh kelas untuk menemukan metode belajar yang paling nyaman untuk semua peserta didik.
  • C. Mengajak peserta didik yang lebih cepat memahami untuk membantu teman-temannya yang memerlukan lebih banyak waktu.
  • D. Membagi peserta didik berdasarkan kemampuan mereka dan memberikan materi yang berbeda sesuai tingkat kemampuan masing-masing.
  • E. Mengabaikan perbedaan tersebut dan memberikan pelajaran dengan cara yang sama untuk semua peserta didik.

Comments