Soal tryout PPG 2025 Kemampuan Pedagogik dan Manajemen Kelas - Part 1
Soal tryout PPG 2025 kemampuan Pedagogik dan Manajemen kelas, yang dibagi menjadi 3 part interaktif. selamat belajar !
Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)
Anda adalah seorang guru IPS SMP yang memiliki 1 orang anak yang bersekolah di PAUD. Hari ini Anda memiliki jam mengajar pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.30. Selain itu, Anda juga diundang mengikuti pertemuan koordinasi di Dinas Pendidikan yang tempuhnya 10 menit dari sekolah, mulai pukul 09.00. Anak Anda akan mengikuti lomba menari hari ini pada pukul 08.00, sedangkan pasangan Anda sedang dinas luar kota. Terdapat beberapa alternatif keputusan yang akan Anda rangkai sebagai berikut:
- mempersiapkan segala sesuatu untuk anak Anda dan mendampinginya saat lomba
- mempersiapkan segala sesuatu untuk anak Anda dan mengantar sampai ke sekolah
- melakukan pembelajaran IPS mulai 07.00 sampai dengan 09.30
- melakukan pembelajaran IPS mulai pukul 07.00 sampai dengan 08.50 dilanjutkan pembimbingan oleh guru piket
- meminta guru piket untuk mengganti pembelajaran IPS oleh guru piket
- mengikuti pertemuan koordinasi di Dinas Pendidikan mulai pukul 09.00
- mengikuti pertemuan koordinasi di Dinas Pendidikan mulai pukul 09.40 dengan izin terlambat
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. 2 4 6
- B. 2 3 7
- C. 1 5 7
- D. 2 4 7
- E. 1 5 6
Seorang peserta didik di kelas Anda tertangkap menyontek saat ujian. Peserta didik tersebut mengaku melakukannya karena khawatir jika mendapatkan nilai jelek maka orang tuanya akan memberi hukuman. Tindakan yang harus Anda ambil untuk menangani situasi ini adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. memberikan nilai nol pada ujian tersebut dan tidak membahas lebih lanjut.
- B. memberikan hukuman kepada peserta didik tersebut agar dia jera.
- C. memanggil orang tua dan memberikan teguran atas tekanan berlebih yang diberikan kepada anaknya.
- D. mengabaikan kejadian ini dan memberikan kesempatan kedua tanpa konsekuensi.
- E. mengajak peserta didik tersebut berdiskusi secara pribadi, memberikan nasihat dan konsekuensi.
Beberapa siswa di kelas Anda tampak kesulitan mengikuti pelajaran dan sering kali tidak mengerjakan tugas dengan benar. Anda ingin mengetahui penyebab utama dari masalah ini dan mencari solusi yang efektif. Tindakan yang harus Anda ambil adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. memberikan nilai rendah kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas dengan benar sebagai peringatan.
- B. memotivasi siswa untuk lebih keras belajar dan menyelesaikan tugas.
- C. memberikan lebih banyak tugas untuk mengukur kemampuan siswa secara teratur.
- D. mengamati perilaku siswa selama pelajaran untuk mencari pola kesulitan yang mereka hadapi.
- E. menyampaikan penjelasan yang lebih panjang dan rinci tentang materi pelajaran dan tugasnya.
Saat Anda sedang melakukan pembelajaran geografi, seorang peserta didik tiba-tiba menginterupsi dengan mengatakan bahwa pembelajaran Anda membosankan dan membuatnya mengantuk. Peserta didik yang lainnya tampak terpengaruh oleh pernyataan ini dan mulai terlihat gelisah. Respons Anda terkait hal ini adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. menggunakan kesempatan ini untuk membuka diskusi kelas sejenak tentang metode pembelajaran geografi yang mereka sukai.
- B. menghentikan pelajaran sejenak dan meminta peserta didik tersebut untuk menjelaskan apa yang menurutnya lebih menarik dan efektif.
- C. mengabaikan komentar peserta didik tersebut dan Pak Arbes melanjutkan pembelajaran geografi sesuai Modul Ajar yang telah dibuatnya.
- D. meminta peserta didik tersebut untuk berbicara dengan Pak Arbes tentang keluhannya setelah pembelajaran geografi.
- E. menegur peserta didik tersebut di depan kelas agar tidak mengganggu proses pembelajaran dan seharusnya bisa lebih sopan dalam mengemukakan pendapatnya.
Bu Enno melakukan pembelajaran Fisika kelas XI SMA. Pada saat Bu Enno dan Siswa sedang fokus pada penjelasan guru, Bu Enno melihat beberapa peserta didik tidak fokus dan mulai saling berbisik-bisik. Bu Enno tahu bahwa ini adalah materi yang penting dan membutuhkan konsentrasi penuh peserta didik agar dapat memahaminya. Tindakan paling tepat yang dapat dilakukan Bu Enno yaitu:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil terus menjelaskan, setelah dekat Bu Enno berbisik kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru
- B. Bu Enno fokus pada penjelasan, kemudian memberikan waktu senyap, lalu Bu Enno memperingatkan kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru
- C. berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil tetap terus menjelaskan, lalu kepada mereka menggunakan isyarat nonverbal untuk mengikuti penjelasan Bu Enno
- D. berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil terus menjelaskan, setelah dekat Bu Enno memperingatkan kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru
- E. berjalan mendekati peserta didik tersebut sambil terus menjelaskan, setelah dekat Bu Enno menegur halus kepada mereka untuk mengikuti penjelasan guru
Anda memiliki seorang peserta didik yang selalu berjuang dengan kepercayaan dirinya. Peserta didik ini sering merasa ragu dan takut untuk berbicara di depan kelas. Sebagai seorang guru Bimbingan dan Konseling tentu Anda ingin membantu Siswa ini. Namun Anda tidak memiliki jadwal tatap muka sebagaimana guru mapel lainnya. Dan ketika Anda mendapat kesempatan untuk membantu peserta didik tersebut, Anda juga diminta menjadi perwakilan sekolah pada Sosialisasi Pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di tingkat kabupaten. Apa yang Anda lakukan untuk menjalankan dua tugas tersebut dengan optimal?
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. mengikuti penugasan dari sekolah dan meminta guru lain untuk memberikan tugas tambahan presentasi agar siswa tersebut dapat meningkatkan diri.
- B. meminta guru lain mewakili sekolah dan fokus memberi kesempatan presentasi sederhana pada siswa tersebut, diberi pujian, lalu pada sesi berikutnya makin kompleks.
- C. menunaikan tugas sekolah sebagai TPPK dan menghubungi orang tua Siswa dan memintanya untuk menangani masalah ini.
- D. mendahulukan penugasan dari sekolah dan mengabaikan hal tersebut, karena itu wajar sebagai bagian dari perkembangan siswa tersebut.
- E. menunaikan tugas dari sekolah dan menjadwalkan untuk mengadakan percakapan pribadi dengan siswa tersebut agar memahami penyebab masalah yang dihadapinya dan mencari jalan keluarnya.
Sekolah Anda baru saja meluncurkan program kokurikuler baru yang bertujuan meningkatkan keterampilan literasi digital siswa. Namun, beberapa orang tua merasa program ini terlalu menuntut dan tidak sesuai dengan kurikulum utama. Yang akan Anda lakukan untuk mengatasi kekhawatiran orang tua dan memastikan program berjalan lancar adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. mengabaikan kekhawatiran orang tua dan tetap melaksanakan program sesuai rencana
- B. mengurangi beban tugas dalam program untuk mengakomodasi keluhan orang tua
- C. memberikan pilihan tugas dalam program untuk mengakomodasi keluhan orang tua
- D. mengadakan pertemuan dengan orang tua untuk mendiskusikan dan mendapatkan masukan mereka
- E. menghapus program tersebut agar tidak menimbulkan konflik lebih lanjut
Anda merencanakan kegiatan kelompok dengan menggunakan teknologi komputer untuk mengerjakan proyek mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, pada hari pelaksanaan, listrik di sekolah mati sehingga komputer sekolah tidak dapat digunakan. Respons Anda terkait hal ini adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. meniadakan pembelajaran bahasa Indonesia
- B. menggunakan waktu tersebut untuk mengajarkan materi lain
- C. membatalkan proyek dan memberikan tugas membaca secara berkelompok
- D. mengubah peralatan penyelesaian proyek menjadi menggunakan alat tulis dan kertas
- E. menunda proyek hingga listrik kembali menyala
Anda diundang sebagai peserta dalam sebuah saresehan yang diadakan oleh organisasi profesi guru. Saresehan tersebut membahas masalah rendahnya minat baca Siswa di sekolah. Sebagai peserta, Anda diminta memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah ini. Yang akan Anda lakukan untuk memberikan kontribusi yang efektif dalam seminar tersebut adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. menyampaikan pandangan tentang teori-teori yang bertentangan dengan yang disampaikan narasumber terkait peningkatan minat baca.
- B. menyampaikan hasil observasi Anda terkait strategi yang telah diterapkan teman-teman guru untuk meningkatkan minat baca.
- C. menyampaikan upaya meningkatkan minat baca berdasarkan kajian pustaka.
- D. menyampaikan pandangan tentang pembelajaran yang menurunkan minat baca yang dilakukan rekan guru.
- E. menyampaikan pengalaman pribadi terkait strategi yang telah Anda terapkan untuk meningkatkan minat baca.
Bu Mince adalah guru Bahasa Inggris. Bu Mince bekerja sama dengan guru Matematika dan IPA untuk merancang pembelajaran (intrakurikuler) berbasis proyek terpadu yang menggabungkan ketiga mata pelajaran. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis data dan pemahaman ilmiah siswa. Namun, Bu Mince khawatir bahwa fokus pada tujuan bersama ini akan membuat tujuan mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi kurang jelas. Apabila Anda adalah Bu Mince, yang akan Anda lakukan adalah:
Jenis Soal: Pilihan Tunggal
- A. menyampaikan kekhawatirannya kepada rekan guru dan meminta mereka untuk menyesuaikan tujuan proyek agar lebih seimbang.
- B. mengusulkan proyek yang sepenuhnya terpisah dari tujuan bersama, agar tujuan Bahasa Inggris tetap jelas.
- C. berkolaborasi untuk merancang proyek yang mengintegrasikan keterampilan analisis data dengan penulisan laporan ilmiah dalam Bahasa Inggris.
- D. fokus pada tujuan bersama dan tidak terlalu memikirkan tujuan Bahasa Inggris, karena proyek ini bersifat terpadu.
- E. menyusun proyek dengan fokus utama pada keterampilan analisis data dan pemahaman ilmiah, aspek Bahasa Inggris sebagai tambahan.
Comments