Soal modul PPG 2025 peran guru sebagai teladan
Soal ini muncul pada bagian modul PPG 2025 peran guru sebagai teladan. disusun menjadi interaktif, selamat belajar !
Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)
Dasar pembelajaran dalam berhubungan dengan siswa dan individu lain di lingkungan/luar lingkungan sekolah, disebut ...
- A. Kepedulian (caring)
- B. Kebersamaan
- C. Kolaborasi
- D. Pemahaman
- E. Semua jawaban benar
Yang tidak termasuk dari EMC ² ...
- A. Compassion
- B. Mindfulness
- C. Critical inquiry
- D. Empathy
- E. Sympathy
Tiga kategori empati meliputi ...
- A. Cognitive, emotional, actionable
- B. Cognitive, action, sympathy
- C. Emotional, action, sympathy
- D. Emotional, cognitive, affective
- E. Sympathy, empathy, mindfulness
Empati secara kognitif diperoleh melalui ...
- A. Attentive learning
- B. Receptive learning
- C. Role play
- D. Compassion
- E. Pembelajaran
Kemampuan individu dalam memberikan respons atau tindakan sesuai dengan perasaan/perilaku orang lain dipahami sebagai konsep ...
- A. Actionable empathy
- B. Emotional empathy
- C. Cognitive empathy
- D. Sympathy
- E. Stimulus-respon
Kemampuan merasakan apa yang orang lain rasakan disebut ...
- A. Actionable empathy
- B. Emotional empathy
- C. Cognitive empathy
- D. Sympathy
- E. Stimulus-respon
Melalui compassion (bela rasa), individu dapat mengurangi ...
- A. Rasa bersalah
- B. Stres pribadi
- C. Emosi berlebih
- D. Simpati pada orang lain
- E. Semua jawaban benar
Adellia merasa kesal di kelas karena siswa sangat berisik saat ia menerangkan. Ia lalu berusaha menenangkan diri dengan menarik nafas dan diam sesaat. Teknik yang digunakan Adellia dalam mengahadapi emosi tersebut adalah ...
- A. Set intentions
- B. I’m aware
- C. Two feet one breath
- D. Empathy terhadap muridnya
- E. Meditasi
Saat menghadapi siswa berkebutuhan khusus, seorang guru menerima kondisi anak tersebut tanpa menunjukkan frustrasi, hal tersebut menunjukkan perilaku ...
- A. Distress tolerance
- B. Simpati
- C. Sensitivitas
- D. Caring
- E. Non judgement (tidak menghakimi)
Ibu Aida mampu menghadapi stres kerja sebagai guru, ia juga responsif terhadap kebutuhan siswa. Dalam hal ini Ibu Aida menunjukkan atribut compassion ...
- A. Sensitivity dan distress tolerance
- B. Sympathy dan empathy
- C. Non judgement dan distress Motivasi
- D. Caring /peduli dan empathy
Comments