Soal modul PPG 2025 CRT (Culturally Responsive Teaching)
Soal ini muncul pada bagian modul PPG 2025 CRT (Culturally Responsive Teaching). disusun menjadi interaktif, selamat belajar !
Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)
Pembelajaran dengan pendekatan CRT dirancang dengan mengacu pada….
- A. latar belakang pendidikan peserta didik
- B. latar belakang keluarga peserta didik
- C. latar belakang pertemanan belajar peserta didik
- D. latar belakang budaya peserta didik
- E. latar belakang sekolah peserta didik
Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali….
- A. kebiasaan
- B. karakter
- C. pengalaman
- D. perspektif
- E. prestasi
Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah….
- A. tujuan pembelajaran
- B. materi ajar
- C. kegiatan pembelajaran
- D. sumber pembelajaran
- E. media pembelajaran
Guru perlu memiliki kesadaran multikultural yang kritis untuk….
- A. menguji nilai budaya secara objektif
- B. menguji kepercayaan secara objektif
- C. memberikan kepekaan yang lebih besar terhadap sejarah
- D. mengembangkan keterampilan interpersonal yang baik
- E. semua benar
Manfaat dari pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah, kecuali….
- A. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik
- B. Meningkatkan keterlibatan peserta didik
- C. Meningkatkan keterampilan sosial dan emosional peserta didik
- D. Meningkatkan kepuasan peserta didik dan guru
- E. Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah
Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan….
- A. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengambil maknanya
- B. peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya diri sendiri dan mengambil maknanya
- C. guru melakukan refleksi secara mandiri untuk menelaah identitas, bias, dan hubungan antara diri dengan peserta didik
- D. guru melakukan refleksi secara mandiri untuk menelaah kemampuan akademik peserta didik
- E. guru melakukan refleksi secara mandiri untuk menelaah latar belakang orang tua peserta didik
Ibu Sri merupakan guru yang mengajar di kota Bandung. Beliau memiliki seorang peserta didik asal Kalimantan. Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu Daffa, kecuali….
- A. menciptakan hubungan yang saling menghargai antara sesama peserta didik apapun kondisi latar belakang mereka
- B. memberikan sikap yang ramah untuk membuat ia merasa nyaman
- C. memberikan sambutan yang baik dari sesama peserta didik maupun guru
- D. memberikan motivasi agar ia tidak merasa rendah diri dihadapan teman-temannya
- E. memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya
Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Bu Asri, kecuali….
- A. Menghadirkan penjual makanan tradisional setempat sebagai salah satu inspirasi peserta didik dalam membuat cerita
- B. Menghadirkan berbagai macam makanan tradisional kemudian meminta peserta didik memilih salah satunya untuk dijadikan sebagai bahan cerita
- C. Mengajak peserta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita
- D. Meminta peserta didik mencari informasi tentang makanan tradisional dari berbagai sumber dalam membuat cerita
- E. Menayangkan video yang menceritakan jenis-jenis makanan tradisional sebagai referensi peserta didik dalam membuat cerita
Comments