⚠️ Halaman ini membutuhkan JavaScript untuk tampil dengan benar. Mohon aktifkan JavaScript di pengaturan browser Anda.

Soal modul PPG 2025 CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)

Soal ini muncul pada bagian modul PPG 2025 CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning). disusun menjadi interaktif, selamat belajar !

Panduan : Klik pada pilihan ganda untuk mulai belajar, ada 3 tipe soal, pilihan tunggal, pilihan ganda (multi select) dan benar/salah (True/False)


Tujuan pembelajaran sosial emosional adalah untuk program...

  • A. Preventif
  • B. Promotif
  • C. Kolaboratif
  • D. A dan B benar
  • E. A, B, C benar

Pembelajaran sosial emosional merupakan pengembangan dari teori …

  • A. Kecerdasan emosional
  • B. Kognitif
  • C. Perilaku
  • D. Emosi
  • E. Semua jawaban benar

Kemampuan memahami emosi, pemikiran, dan nilai termasuk komponen CASEL …

  • A. Manajemen diri
  • B. Kesadaran diri
  • C. Kesadaran sosial
  • D. Keterampilan sosial
  • E. Pengambilan keputusan

Seorang guru berusaha membuat keputusan yang tepat supaya tidak merugikan siswa dan sekolah.
Dalam hal ini komponen CASEL yang diterapkan adalah ...

  • A. Kesadaran diri
  • B. Manajemen diri
  • C. Pengambilan keputusan bertanggung jawab
  • D. Social awareness
  • E. Keterampilan sosial

Butet adalah guru BK baru, ia berusaha membuat situasi di kelas menjadi menyenangkan.
Ia berusaha menjalin komunikasi dengan siswa di kelas. Perilaku Butet adalah penerapan dimensi CASEL …

  • A. Kesadaran diri
  • B. Manajemen diri
  • C. Pengambilan keputusan bertanggung jawab
  • D. Social awareness
  • E. Keterampilan sosial

Sebagai seorang guru, Adi berusaha mengatur emosi di kelas, walaupun ia merasa kesal dengan kelakuan siswanya.
Ia berusaha berbicara dengan tenang. Dalam hal ini dimensi CASEL yang diterapkan adalah …

  • A. Kesadaran diri
  • B. Manajemen diri
  • C. Pengambilan keputusan bertanggung jawab
  • D. Social awareness
  • E. Keterampilan sosial

Sebagai guru yang mengajar generasi yang berbeda, Dina berusaha memahami perspektif atau cara pandang dari generasi tersebut.
Dalam hal ini Dina menerapkan dimensi CASEL …

  • A. Kesadaran diri
  • B. Manajemen diri
  • C. Pengambilan keputusan bertanggung jawab
  • D. Social awareness
  • E. Keterampilan sosial

Guru hendaknya memahami emosi siswa, bisa menilai situasi yang dapat mempengaruhi perilaku siswa. Dalam hal ini guru harus memiliki …

  • A. Kesadaran diri
  • B. Manajemen diri
  • C. Pengambilan keputusan bertanggung jawab
  • D. Social awareness
  • E. Keterampilan sosial

Pernyataan yang tidak sesuai dengan kriteria pembelajaran sosial emosional adalah...

  • A. Pembelajaran sosial emosional dilakukan dengan jadwal tertentu
  • B. Pembelajaran sosial emosional terintegrasi dengan Mata Pelajaran
  • C. Pembelajaran sosial emosional dapat dilakukan dengan role-play
  • D. Pembelajaran sosial emosional menjadi budaya di sekolah
  • E. Pembelajaran sosial emosional adalah untuk semua yang terlibat dalam

Seorang guru memaksakan kehendaknya dan cenderung sulit diajak berkomunikasi dengan siswa.
Dalam hal ini kaidah CASEL yang tidak sesuai adalah ...

  • A. Kesadaran diri
  • B. Manajemen diri dan pengambilan keputusan
  • C. Kesadaran sosial dan keterampilan sosial
  • D. Keterampilan sosial dan manajemen diri
  • E. Kesadaran diri dan kesadaran sosial

Comments